10 Sifat dan Sikap Penghancur Rumah Tangga

Di belahan dunia manapun termasuk Indonesia, banyak sekali kasus perceraian dalam hubungan rumah tangga. Tidak memandang usia dan umur pernikahan, kehancuran rumah tangga sangat rentan terjadi oleh siapapun. Baik orang berpendidikan maupun orang yang tak memiliki pendidikan sama sekali.

Awalnya, hal-hal kecil dibesar-besarkan kemudian memperkeruh hubungan pasangan suami istri. Akibatnya, masalah itu membuat perceraian tidak bisa dihindarkan. Berikut ini, Spesialis Cinta akan memberikan gambaran tentang sifat-sifat yang bisa menghancurkan rumah tangga.


Sumber foto: shutterstock.com
1. Egois

Keegoisan antara suami dan istri memang selayaknya di pikirkan sedari sebelum menikah. Adalah hal konyol jika sudah berumah tangga, masih saja belum bisa menerima pendapat pasangan. Hal inilah yang sering terjadi didalam kasus perceraian.


2. Lemahnya Komitmen

Dalam menjalani suatu hubungan rumah tangga memang kudu kuat komitmen menjalani hidup bersama-sama. Misalnya, komitmen bekerja, suami memperbolehkan sang istri bekerja tetapi dengan syarat harus bisa mengatur rumah tangga, dan sebaliknya. Jika komitmen lemah, akan ada orang ketiga yang masuk untuk merusak rumah tangga itu.


3. Kesenjangan Komunikasi 

Komunikasi sangat penting untuk memperlancar hubungan itu sendiri. Tidak menutup kemungkinan, jika suami dan istri yang jarang sekali berkomunikasi sangat mudah bercerai karena mereka memiliki teman lain yang enak diajak berkomunikasi.


4. Kurang Terbuka

Kurang terbuka tentang semua hal tentang rumah tangga hanya menjadi bumerang dalam jangka pendek. Manakala suami istri tidak punya keterbukaan masalah, maka kehancuran tidak bisa dihindarkan.


5. Keikut Sertaan Orang Tua

Jika ada masalah, orang tua masih ikut campur hanya menjadi penghalang dalam menjalani rumah tangga. Apalagi semuanya masih numpang sama mereka. Belajarlah mandiri dan selesaikan semua masalah itu sendiri.


6. Kurang Dewasa

Tidak menutup kemungkinan bahwa umur yang tua sudah dewasa. Walaupun masih muda, pikiran dewasa sudah harus ada karena rumah tangga tidak harus mereka yang sudah tua secara umur.


7. Ekonomi Lemah

Lemahnya ekonomi saat sekarang adalah faktor penentu suatu rumah tangga. Apalagi ekonominya seret, menjalani rumah tangga pun akan susah.


8.  Iman Lemah

Lemahnya iman membuat kesedihan mendalam bagi mereka suami istri. Kurangnya iman semakin melemahkan rasa percayanya pada Tuhan YME.


9. Akal Lemah

Lemah akal akan mengurangi tingkat kinerja seseorang dalam mencari penghasilan. Akal digunakan pula untuk mencari pemasukan ekonomi lain, bukan hanya dari satu pintu saja mencari penghasilan tambahan.


10. Kebanyakan Sosial Media

Paling berbahaya saat ini adalah seringnya menebar pesona dalam sosial media. Baik tua maupun muda, semuanya sudah merambah sosial media yang tidak baik untuk rumah tangga. Parahnya, ada suami atau istri yang keseringan berhubungan dengan orang lain lewat dunia maya dan terasa nyaman dengannya. Maka hal itu sangat rentan untuk dijadikan ladang perselingkuhan.

Baca Juga :